Firdauzynoor Arifin
1501200863
Object Oriented Programming atau OOP
merupakan sebuah teknik ubtuk membuat program berbasis objek
Class : terdiri atribut + method
Object : representasi dari Class
Attribut dapat diartikan juga dengan
property, sedangkan Method istilah lainnya adalah Function atau Behavior
Contoh atribut dr sebuah objek (Manusia)
adalah Nama, Usia, dll sedangkan Method nya adalah hal yg bisa dilakukan oleh
Object tsb misalnya makan, minum, tidur dll.
Keuntungan dari menggunakan OOP :
- Bisa menggunakan model yang ada dalam
dunia nyata
- Mendukung penggunaan kode yang telah ada
- Fleksibel dalam memodifikasi aplikasi
yang telah ada
Dalam OOP dibagi menjadi 3 (P/I/E) :
- Polymorphism : banyak bentuk
- Inheritance : penurunan sifat dari class
utama (Superclass), dan parent class bisa memiliki banyak subclass
- Encapsulation : istilah lain nya adalah
menyembunyikan
Tipe Polymorphism :
- Static : Generic dan Overload
-Dynamic : Class, Inheritance, Abstract dan
Interface
Access Modifier :
- Public : dapat diakses oleh semua Class
- Private : hanya dapat diakses okeh Class
tersebut.
- Protected : dapat diakses oleh Class itu
dan turunannya.
- Package : dapat diakses semua dalam
bentuk folder.
Overloading dan Overriding
- Overloading : Method sama, Class sama,
Parameter berbeda
- Overriding : Method sama, Class beda,
Parameter sama.
Reflection merupakan hal yg memungkinkan
untuk menjalankan program Java yg akan diperiksa dan dari dirinya sendiri serta
memanipilasi properti dalam program.
Multithreading
Thread : urutan eksekusi dari awal hingga
akhir dalam program
Task : unit program yg mengeksekusi secara
independen dari satu bagian dr progam.
Basic GUI
Diklasifikasikan menjadi menkadi 3 kelompok
:
-Container Class : JFrame, JPanel, JApplet
- Component Class : JButton, JTextField,
JTextArea, JPasswordField, JComboBox, JRadioButton, etc
- Helper Class : Graphics, Color, Font,
FontMetrics, Dimensi.
www.skyconnectiva.com
www.binus.ac.id
No comments:
Post a Comment